Mengenali Kualitas Ribbon Barcode

Mengenali Kualitas Ribbon Barcode

Jenis Ribbon Wax, Wax resin dan resin

 

Menggunakan printer barcode tentunya tidak lepas dari penggunaan label dan ribbon, label sebagai media atau objek cetak, sedangkan ribbon atau karbon berupa pita yang berfungsi sebagai tinta ataupun pewarna pada hasil akhir proses mencetak.

Melalui alat pemanas yang terdapat di dalam printer barcode, ribbon akan di panasi dengan alat pemanas tersebut (print head), sehingga warna yang terdapat pada ribbon akan berpindah ke media label dan membentuk suatu gambar maupun tulisan, sesuai dengan prosesnya, maka dinamakan dengan proses atau metode “Thermal Transfer”.

Pada umumnya Ribbon barcode memiliki lebar 110mm dan panjang gulungan maksimum 100m untuk penggunaan pada desktop mini printer barcode, sedangkan untuk printer barcode yang lebih besar atau industrial dibedakan pada panjang gulungan saja, yang umumnya berukuran panjang 300m. adapun tipe/merek barcode printer tertentu menggunakan ukuran 160mm pada ukuran lebarnya, terutama printer barcode dengan skala industri.

Dan untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini adalah 3 macam jenis ribbon yang digunakan pada printer barcode:

Ribbon RESIN :
Ribbon resin adalah jenis ribbon yang memiliki kualitas paling unggul diantara jenis lainnya, mampu memberikan hasil cetakan yang lebih bagus,
awet dan cepat kering dalam proses mencetaknya, dan juga hasil cetakan menggunakan ribbon resin akan tahan terhadap berbagai cuaca.

Penggunaan ribbon resin sesuai untuk digunakan pada berbagai macam jenis media label, bisa untuk mencetak pada bahan label yang memiliki kadar plastik seperti bahan Poliester Silvermatte, bahan Yupo maupun bahan-bahan lainnya yang memiliki bahan dasar kertas. dan untuk harganya tentu paling mahal bila dibandingkan dengan jenis ribbon lainnya.

Ribbon WAX-RESIN :
Jenis Wax resin berdaya tahan kuat untuk hasil cetaknya, wax resin mudah terserap label sehingga cepat kering dalam proses mencetak, dengan hasil cetakan yang bagus dan berkualitas tentunya.

Memiliki kualitas yang lebih unggul dari jenis Wax karena bisa digunakan pada media label yang memiliki kadar plastik seperti pada bahan poliester, dan sesuai bila digunakan pada media bahan label Yupo maupun jenis bahan kertas lainnya.

Ribbon WAX :
Jenis Ribbon Wax sangat umum digunakan oleh konsumen, dengan kualitas yang juga bagus, awet dan memiliki nilai ekonomis produk, dengan harganya yang relatif paling murah dibanding kedua jenis ribbon sebelumnya. dan untuk menghasilkan cetakan yang maksimal, ribbon wax bisa digunakan pada media label dengan jenis bahan kertas sepeti Label vellum, Label HVS, Art Carton dan juga sesuai untuk Label Semicoated.

Selain mengetahui kualitas dari jenis bahan ribbon, untuk menghasilkan cetakan yang maksimal dengan menggunakan printer barcode memerlukan settingan yang sesuai pada perangkat printer barcode Anda, konsultasikan dengan Penjual atau IT dimana Anda membeli printer apabila menemui kendala dalam hal mencetak.

Terima kasih sudah membaca!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *